Show simple item record

dc.contributor.authorAzzahra, Fatimah
dc.date.accessioned2024-01-08T03:11:52Z
dc.date.available2024-01-08T03:11:52Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46267
dc.description.abstractPerkembangan teknologi internet kini semakin pesat dan sedang banyak diperbincangkan, salah satunya berupa aplikasi transaksi jual beli di internet yang dikenal sebagai e-commerce. Adanya kebutuhan masyarakat akan respons yang sangat cepat tanpa terbatas waktu menyebabkan sistem perdagangan elektronik (e-commerce) telah menjadi bagian rutinitas dari kehidupan manusia. Hal ini menyebabkan semakin banyak bermunculan e-commerce di Indonesia. Electronic Commerce (E-Commerce) adalah suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan komputer sebagai perantara transaksi bisnis. TikTok Shop merupakan fitur social e- commerce yang memungkinkan pengguna maupun para kreator mempromosikan dan menjual produk sekaligus melakukan aktivitas belanja yang terdapat pada aplikasi TikTok. TikTok Shop sudah dapat gunakan di Indonesia sejak April 2021 yang memungkinkan para penggunanya melakukan transaksi jual beli secara langsung dan praktis karena dalam satu aplikasi pengguna bisa mendapatkan hiburan sekaligus belanja di aplikasinya. Namun aplikasi TikTok Shop ini masih memiliki beberapa kekurangan yaitu tampilan aplikasi yang masih membingungkan bagi pengguna pemula serta tampilan dari User Interface yang kurang teratur sehingga membuat pengguna kurang nyaman pada fitur-fiturnya. Menurut observasi melalui rating dan ulasan yang terdapat pada Google Playstore, TikTok mendapatkan rating 4,4 dari rating tertinggi yaitu 5,0. Rating pada aplikasi TikTok Shop perlu ditingkatkan agar dapat bersaing dengan e-commerce lain dengan memperbaiki User Interface pada tampilannya. Berdasarkan dengan adanya permasalahan tersebut dilakukan penelitian redesign tampilan (UI) pada aplikasi TikTok Shop agar menambah tingkat kepuasan pengguna. Metode Design thinking merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini yang tmencakup beberapa proses antara lain yaitu pengumpulan data (empathize), analisis kebutuhan (define), analisis solusi (ideate), perancangan sistem (prototype) dan pengujian (test). Pada tahap pengujian digunakan metode usability testing yang nantinya hasil redesain akan ditunjukkan kepada pengguna dan menggunakan pertanyaan pengujian sebagai proses validasi. Penelitian ini telah menghasilkan design User Interface aplikasi TikTokShop dengan tampilan yang baru dan dapat diterima oleh user. Hasil presentase rata-rata terhadap hasil usability testing, maka diperoleh hasil yang baik untuk redesain tampilan aplikasi TikTokShop.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectDesign Thinkingen_US
dc.subjectRedesainen_US
dc.subjectUsability Testingen_US
dc.subjectUser interfaceen_US
dc.titleEksplorasi Figma sebagai Perangkat untuk Perancangan UI/UX pada Aplikasi Tiktokshopen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM17523217


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record