Eksplorasi Figma sebagai Perangkat untuk Perancangan UI/UX pada Aplikasi Tiktokshop
Abstract
Perkembangan teknologi internet kini semakin pesat dan sedang banyak diperbincangkan,
salah satunya berupa aplikasi transaksi jual beli di internet yang dikenal sebagai e-commerce.
Adanya kebutuhan masyarakat akan respons yang sangat cepat tanpa terbatas waktu
menyebabkan sistem perdagangan elektronik (e-commerce) telah menjadi bagian rutinitas dari
kehidupan manusia. Hal ini menyebabkan semakin banyak bermunculan e-commerce di
Indonesia. Electronic Commerce (E-Commerce) adalah suatu proses membeli dan menjual
produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan
komputer sebagai perantara transaksi bisnis. TikTok Shop merupakan fitur social e-
commerce yang memungkinkan pengguna maupun para kreator mempromosikan dan menjual
produk sekaligus melakukan aktivitas belanja yang terdapat pada aplikasi TikTok. TikTok
Shop sudah dapat gunakan di Indonesia sejak April 2021 yang memungkinkan para
penggunanya melakukan transaksi jual beli secara langsung dan praktis karena dalam satu
aplikasi pengguna bisa mendapatkan hiburan sekaligus belanja di aplikasinya. Namun aplikasi
TikTok Shop ini masih memiliki beberapa kekurangan yaitu tampilan aplikasi yang masih
membingungkan bagi pengguna pemula serta tampilan dari User Interface yang kurang teratur
sehingga membuat pengguna kurang nyaman pada fitur-fiturnya. Menurut observasi melalui
rating dan ulasan yang terdapat pada Google Playstore, TikTok mendapatkan rating 4,4 dari
rating tertinggi yaitu 5,0. Rating pada aplikasi TikTok Shop perlu ditingkatkan agar dapat
bersaing dengan e-commerce lain dengan memperbaiki User Interface pada tampilannya.
Berdasarkan dengan adanya permasalahan tersebut dilakukan penelitian redesign tampilan
(UI) pada aplikasi TikTok Shop agar menambah tingkat kepuasan pengguna.
Metode Design thinking merupakan metode yang digunakan pada penelitian ini yang
tmencakup beberapa proses antara lain yaitu pengumpulan data (empathize), analisis kebutuhan
(define), analisis solusi (ideate), perancangan sistem (prototype) dan pengujian (test). Pada
tahap pengujian digunakan metode usability testing yang nantinya hasil redesain akan
ditunjukkan kepada pengguna dan menggunakan pertanyaan pengujian sebagai proses validasi.
Penelitian ini telah menghasilkan design User Interface aplikasi TikTokShop dengan tampilan
yang baru dan dapat diterima oleh user. Hasil presentase rata-rata terhadap hasil usability
testing, maka diperoleh hasil yang baik untuk redesain tampilan aplikasi TikTokShop.
Collections
- Informatics Engineering [2148]