Show simple item record

dc.contributor.authorFauzi, Indra Ryan
dc.date.accessioned2024-01-08T02:52:05Z
dc.date.available2024-01-08T02:52:05Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46264
dc.description.abstractBahasa Arab di sekolah MI (Madrasah Aliyyah) tentunya tidaklah mudah, karena anak didik belum mampu mengatasi kesulitan belajarnya, maka bantuan guru atau orang lain sangat diperlukan oleh anak didik. Oleh karena itu, salah satu Metode atau strateginya adalah metode TPR (Total Physical Renponse), agar dapat meningkatkan pemahaman kosa kata bagi Siswa Kelas IV MI Pandanaran. Penilitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan tindak kelas (PTK). data di dapatkan secara langsung dengan mengambil informan seorang guru mata pelajaran bahasa Arab dan siswa kelas IV MI Sunan Pandanaran Sleman. Sedangkan pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapang, dokumentasi dan tes yang dilakukan dalam beberapa siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Keabsahan data pada penelitian ini ditekankan dengan model triangulasi yang dipakai untuk mencocokkan data dari berbagai macam baik sumber, teknik maupun waktu. Hasil dari penelitian ini, ditemukan bahwa Penerapan metode total physical rensponse (TPR) menggunakan proses pembelajaran yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan evaluasi. Saat pelaksanaan metode (TPR) terdapat peningkatan pemahaman dan ketuntasan dalam mengerjakan tes. Dan terdapat kelebihan (1) peserta didik merasa senang dalam menjalani pelajaran, (2) memperdayakan otak kanan dan kiri, (3) menghilangkan stres ketika belajar, dll. sedangkan kekurangannya (1) metode ini tidak mudah untuk mengetahui latin, (2) tidak semua materi bisa di gunakan (3) menuntut agar mudah dipahami oleh peserta didik.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectBahasa Araben_US
dc.subjectPendekatan Tindak Kelas (PTK)en_US
dc.subjectMetode Total Physical Rensponse (TPR)en_US
dc.titleImplementasi Metode Total Physical Response (Tpr) dalam meningkatkan Pemahaman Kosakata Bahasa Arab pada Siswa Kelas IV MI Sunan Pandanaranen_US
dc.title.alternativeImplementation of Total Physical Response (Tpr) Method in Improving Arabic Vocabulary Understanding in Class IV Students of MI Sunan Pandanaranen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19422149


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record