Analisis Pengendalian Penjadwalan Pelaksanaan Pekerjaan Erection Girder di Proyek Pembangunan Jalan Tol Cibitung – Cilincing Seksi 3
Abstract
Penjadwalan dalam pekerjaan proyek mempunyai andil besar dalam keberhasilan
dan keberlangsungan sebuah proyek karena melibatkan berbagai pekerjaan yang saling
berkesinambungan dalam proses pelaksanaannya. Alur yang panjang untuk melaksanakan
rangkaian pekerjaan yang sudah dijadwalkan dalam pelaksanaannya tidak jarang menjadi
salah satu faktor dari keterlambatan sebuah proyek konstruksi. Pada Proyek Pembangunan
Jalan Tol Cibitung – Cilincing Seksi 3 dalam pelaksanaannya mengalami kemunduran
sehingga tidak sesuai dengan jadwal yang telah dirancang. Kemunduran jadwal
penyelesaian pelaksanaan salah satunya adalah keterlambatan pelaksanaan erection girder.
Oleh karena itu dibutuhkan evaluasi mengenai penjadwalan di Proyek Pembangunan Jalan
Tol Cibitung - Cilincing, yang bertujuan untuk menyusun ulang jadwal pelaksanaan proyek
agar proyek dapat selesai pada waktu yang telah ditentukan. untuk mengevaluasi
keterlambatan pelaksanaan pekerjaan erection girder di Proyek Pembangunan Jalan Tol
Cibitung – Cilincing Seksi 3 dapat dilakukan percepatan durasi dengan metode PDM
(Precedence Diagram Method) dibantu dengan program Primavera Project Planner.
Pada penelitian ini dilakukan pengumpulan data berupa jenis pekerjaan, rangkaian
tahapan pekerjaan, durasi yang telah direncanakan. Selanjutnya mensinkronkan data yang
telah didapat dengan realita pelaksanaan di proyek dan mendapati ketidaktepatan jadwal
kerja dari mulai perencanaan, tanggal mulai dan selesai pelaksanaan erection girder.
Setelah itu menganalisis jalur kritis dan melakukan cheking program primavera untuk
mendapatkan produktivitas normal, produktivitas percepatan, durasi normal dan durasi
percepatan. Durasi percepatan yang didapatkan selajutnya digunakan untuk menyusun
Time Schedule baru yang lebih singkat dariTime Schedule semula dengan bantuan analisis
primavera project planner. Setelah dilakukan penelitian, hasil yang didapat setelah
dilakukan crash program pada pekerjaan sisa yaitu 85 hari dari durasi waktu sebelum
dipercepat sebesar 155.
Collections
- Civil Engineering [4205]