Sistem Informasi Manajemen Tata Kelola Kepegawaian di Kantor Desa Wanakarsa
Abstract
Perkembangan teknologi digital telah membawa dampak signifikan pada berbagai sektor,
termasuk pemerintahan. Namun, Pemerintahan Desa Wanakarsa masih menggunakan cara
manual untuk mengelola kepegawaian. Penggunaan aplikasi seperti Microsoft Excel dan
pengarsipan data secara manual seringkali memakan waktu yang lama dan rentan terhadap
kesalahan. Selain itu, pencatatan administrasi kepegawaian secara manual menggunakan buku
seringkali tidak terdokumentasi dengan baik, menyebabkan data kepegawaian hilang.
Melihat permasalahan di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem
informasi manajemen pegawai yang dapat meningkatkan tata kelola kepegawaian di Kantor
Desa Wanakarsa. Metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
waterfall, yang mencakup tahap pengumpulan data, perancangan sistem, implementasi, dan
pengujian.
Melalui pengujian yang dilakukan, sistem ini telah berhasil diterima dengan baik oleh
perangkat desa, sekretaris desa, dan kepala desa dengan tingkat keberhasilan masing-masing
sebesar 91.5%, 92.4%, dan 89.9%. Hasilnya menunjukkan bahwa sistem informasi manajemen
pegawai yang dikembangkan mampu mengatasi kendala-kendala dalam mengelola data,
manajemen dan administrasi kepegawaian sebelumnya, serta memberikan dampak positif
dalam mendukung tugas administratif terkait kepegawaian di Kantor Desa Wanakarsa.
Collections
- Informatics Engineering [2177]