Inovasi Produk Hijab dengan Pewarnaan Alami menggunakan Teknik Ecoprint Bidang Pemasaran
Abstract
Fashion merupakan gaya hidup seseorang dalam kehidupan sehari – hari termasuk
gaya berpakaian, penampilan, dandanan dan aksesoris. Tidak hanya sekedar
penutup tubuh dan hiasan, tetapi lebih berfungsi sebagai alat komunikasi untuk
menyampaikan identitas pribadi. Fashion tidak hanya tentang pakaian dan
aksesoris seperti perhiasan seperti kalung dan gelang, tetapi juga tentang barang –
barang fungsional lainnya seperti hijab yang dikenakan sebagai penutup kepala
sebagian oleh wanita Muslim di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Dalam hal ini
penulis melakukan survei melalui media online seperti e – commerce shopee dan
sosial media instagram. Dari hasil survei tersebut, penulis memperoleh 2 (dua)
brand dengan kategori menjual produk ecoprint terutama hijab sebagai bahan
perbandingan dalam menjalankan pemasaran. Pada tugas akhir perintisan bisnis ini
penulis dan tim melakukan bisnis yang berjudul “Inovasi Produk Hijab Dengan
Pewarnaan Alami Menggunakan Teknik Ecoprint”. Dalam melaksanakan tugas
akhir Perintisan bisnis, penulis mendapati peran sebagai bidang dari pemasaran
bisnis. Pada bidang pemasaran penulis menggunakan strategi pemasaran melalui
sosial media, karena dengan sosial media memiliki peluang yang besar dan dapat
menjangkau konsumen dengan luas. Pada laporan ini penulis melaporkan bidang
pemasaran dari bisnis hijab BHOOMY, yaitu melakukan riset pasar dan target
konsumen, membuat sosial media sebagai media penjualan, melakukan strategi
pemasaran dan konsep pemasaran AIDA dan berkoordinasi dengan bidang
keuangan dan produksi. Adapun dalam pelaksanaannya terdapat tiga kendala yaitu
kurangnya survei konsumen terhadap minat pasar, konten yang tidak konsisten,
kurangnya tingkat interaksi dengan audiens, dan penjualan e – commerce shopee
tidak berjalan. Meskipun begitu, penulis mencari dan memberikan solusi pada
setiap permasalahan yang muncul pada perintisan bisnis yaitu menbuat konten
edukasi mengenai Sustainable Fashion Ecoprint, membuat editorial plan untuk
meningkatkan Brand Awareness dan melakukan pemasaran menggunakan proses
Word Of Mouth Marketing.
Collections
- Islamic Economics [851]