Show simple item record

dc.contributor.authorPratiwi, Ajeng Indah
dc.date.accessioned2024-01-04T07:17:25Z
dc.date.available2024-01-04T07:17:25Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/46172
dc.description.abstractBerwisata merupakan salah satu kegiatan yang paling dinantikan oleh banyak orang. Seseorang sebelum melakukan kegiatan berwisata perlu membuat rencana yang akan membantu perjalanan berkunjung ke destinasi yang akan dituju supaya lebih tertata dan efisien. Masih banyaknya wisatawan yang kesulitan dalam membuat rencana perjalanan wisata tersebut, sehingga mereka lebih memilih untuk langsung pergi ke tempat tujuan tanpa adanya perencanaan karena dianggap terlalu rumit. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan kemudahan untuk membuat dan mengatur rencana perjalanan wisata dengan memanfaatkan aplikasi itinerary wisata. Dengan adanya dukungan inovasi teknologi dari smartphone dan aplikasi mobile, sehingga peran tampilan antarmuka aplikasi akan mempengaruhi kebutuhan pengguna dalam memberi solusi dari masalah tersebut. Berdasarkan dari permasalahan yang ada, penulis memberi solusi dengan merancang desain antarmuka aplikasi itinerary wisata yang bernama ‘Trinity'. Rancangan desain antarmuka ini dibuat menggunakan metode Design Thinking dan bantuan tools Figma. Metode Design Thinking tersebut terdiri dari lima tahapan yaitu emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Melalui metode tersebut, penulis dapat mengetahui permasalahan dan memberikan solusi dengan memenuhi kebutuhan pengguna dalam merencanakan perjalanan wisatanya. Hasil akhir dari penelitian ini berupa prototype aplikasi yang bernama ‘Trinity' dan diuji menggunakan metode System Usability Scale (SUS). Pada pengujian menggunakan metode SUS berdasarkan matriks konversi penilaian didapatkan hasil nilai ‘B' pada metode grading dan nilai ‘excellent' pada metode ajektiva. Dari hasil pengujian tesebut dapat menunjukkan bahwa kepuasan dan penilaian pengguna dalam menggunakan apilikasi Trinity ini dianggap berhasil karena telah mencapai nilai minimal rata- rata SUS yang bernilai 68. Dengan adanya rancangan desain antarmuka aplikasi Trinity ini, penulis berharap dapat memberikan inspirasi kepada developer aplikasi untuk membangun sebuah aplikasi itinerary wisata yang dapat membantu memudahkan wisatawan dalam membuat rencana perjalanan wisatanya serta dapat merasakan kenyamanan dalam berwisata dengan menggunakan aplikasi tersebut.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectDesign Thinkingen_US
dc.subjectItineraryen_US
dc.subjectAntarmukaen_US
dc.subjectWisataen_US
dc.titleImplementasi Metode Design Thinking dalam Perancangan Antarmuka Aplikasi Itinerary Wisataen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19523150


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record