Implementasi Metode Design Thinking dalam Perancangan Antarmuka Aplikasi Itinerary Wisata
Abstract
Berwisata merupakan salah satu kegiatan yang paling dinantikan oleh banyak orang.
Seseorang sebelum melakukan kegiatan berwisata perlu membuat rencana yang akan
membantu perjalanan berkunjung ke destinasi yang akan dituju supaya lebih tertata dan efisien.
Masih banyaknya wisatawan yang kesulitan dalam membuat rencana perjalanan wisata
tersebut, sehingga mereka lebih memilih untuk langsung pergi ke tempat tujuan tanpa adanya
perencanaan karena dianggap terlalu rumit. Berdasarkan permasalahan tersebut, diperlukan
kemudahan untuk membuat dan mengatur rencana perjalanan wisata dengan memanfaatkan
aplikasi itinerary wisata. Dengan adanya dukungan inovasi teknologi dari smartphone dan
aplikasi mobile, sehingga peran tampilan antarmuka aplikasi akan mempengaruhi kebutuhan
pengguna dalam memberi solusi dari masalah tersebut. Berdasarkan dari permasalahan yang
ada, penulis memberi solusi dengan merancang desain antarmuka aplikasi itinerary wisata
yang bernama ‘Trinity'. Rancangan desain antarmuka ini dibuat menggunakan metode Design
Thinking dan bantuan tools Figma. Metode Design Thinking tersebut terdiri dari lima tahapan
yaitu emphatize, define, ideate, prototype, dan test. Melalui metode tersebut, penulis dapat
mengetahui permasalahan dan memberikan solusi dengan memenuhi kebutuhan pengguna
dalam merencanakan perjalanan wisatanya. Hasil akhir dari penelitian ini berupa prototype
aplikasi yang bernama ‘Trinity' dan diuji menggunakan metode System Usability Scale (SUS).
Pada pengujian menggunakan metode SUS berdasarkan matriks konversi penilaian didapatkan
hasil nilai ‘B' pada metode grading dan nilai ‘excellent' pada metode ajektiva. Dari hasil
pengujian tesebut dapat menunjukkan bahwa kepuasan dan penilaian pengguna dalam
menggunakan apilikasi Trinity ini dianggap berhasil karena telah mencapai nilai minimal rata-
rata SUS yang bernilai 68. Dengan adanya rancangan desain antarmuka aplikasi Trinity ini,
penulis berharap dapat memberikan inspirasi kepada developer aplikasi untuk membangun
sebuah aplikasi itinerary wisata yang dapat membantu memudahkan wisatawan dalam
membuat rencana perjalanan wisatanya serta dapat merasakan kenyamanan dalam berwisata
dengan menggunakan aplikasi tersebut.
Collections
- Informatics Engineering [2170]