Pengaruh Islamic Market Orientation, Inovasi Produk, dan Kreativitas Pelaku Usaha terhadap Kinerja Pemasaran Umkm di Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Islamic market orientation,
inovasi produk, dan kreativitas pelaku usaha terhadap kinerja pemasaran UMKM
di Yogyakarta. Data yang digunakan adalah data primer yang didapatkan melalui
penyebaran kuisioner. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive
sampling dengan banyaknya responden berjumlah 100 yang ditentukan
menggunankan rumus slovin. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian
kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian secara
parsial menunjukkan bahwa nilai T-hitung variabel Islamic market orientation
sebesar 4.630 dengan nilai signifikansi 0,000, inovasi produk sebesar 2,114 dengan
nilai signifikansi 0,037 dan kreativitas pelaku usaha sebesar 7,347 dengan nilai
signfikansi 0,000 yang artinya adalah berpengaruh positif dan signifikan terhadap
kinerja pemasaran UMKM di Yogyakarta. Sedangkan hasil pengujian secara
simultan menunjukan bahwa nilai F-hitung Islamic market orientation, inovasi
produk, dan kreativitas pelaku usaha sebesar 87.643 dengan signifikansi 0,000 yang
artinya adalah secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja
pemasaran UMKM di Yogyakarta.
Collections
- Islamic Economics [828]