Show simple item record

dc.contributor.authorSumanjayanti, Rahmatia
dc.date.accessioned2024-01-03T04:40:02Z
dc.date.available2024-01-03T04:40:02Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/46118
dc.description.abstractPembelajaran terkait huruf hijaiah merupakan salah satu pelajaran yang wajib bagi umat islam untuk dapat membaca Al Qur’an dan diajarkan pada jenjang pendidikan dasar khususnya pada Taman Kanak-Kanak. TK Sultan Agung UII terletak di Kabupaten Sleman merupakan salah satu instansi pendidikan dasar yang masih mengajarkan pembelajaran huruf hijaiah menggunakan metode dikte dan metode IQRO yang umum diberikan kepada siswa. Permasalahan atau kendala yang dialami dalam menggunakan konsep belajar ini adalah siswa masih belum mengenal huruf hijaiah dengan baik, siswa mudah terdistraksi pada proses pembelajaran, siswa kurang termotivasi dalam mempelajari huruf hijaiah, dan metode yang diberikan oleh guru kurang cocok dengan siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini dilakukan untuk membuat suatu rancangan aplikasi pembelajaran huruf hijaiah dengan sasaran pengguna anak usia dini berusia 4-6 tahun yang merupakan siswa-siswi TK Sultan Agung UII untuk mendapatkan user experience yang baik dalam pembelajaran. Tahap pertama dilakukan tahap empathize untuk mendapatkan perspektif pengguna dan permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran huruf hijaiah, setelah itu tahap define dilakukan identifikasi masalah berdasarkan permasalahan yang telah didapatkan, selanjutnya tahap ideate menentukan solusi dari permasalahan yang ada, setelah solusi didapatkan selanjutnya dilakukan perancangan aplikasi pembelajaran huruf hijaiah di tahap prototype, dari hasil prototype yang dirancang kemudian diujikan kepada pengguna pada tahap testing menggunakan pendekatan Cognitive Walkthrough. Hasil dari pengujian yang dilakukan sebanyak 2 iterasi mendapatkan hasil rancangan aplikasi pembelajaran huruf hijaiah yang mudah untuk digunakan dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Indikator pengujian menggunakan jumlah waktu dan kesalahan menunjukan penurunan total waktu dan kesalahan pada setiap iterasi. Sedangkan indikator pengujian menggunakan tingkat keberhasilan menunjukan peningkatan keberhasilan pada setiap iterasi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran huruf hijaiah yang telah dibuat mudah digunakan oleh pengguna.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectAnak Usia Dinien_US
dc.subjectPembelajaran Huruf Hijaiahen_US
dc.subjectUser Experienceen_US
dc.subjectDesign Thinkingen_US
dc.subjectCognitive Walkthroughen_US
dc.titlePerancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiah untuk Anak Usia Dini menggunakan Design Thinkingen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM19523155


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record