Perancangan User Experience Aplikasi Pembelajaran Huruf Hijaiah untuk Anak Usia Dini menggunakan Design Thinking
Abstract
Pembelajaran terkait huruf hijaiah merupakan salah satu pelajaran yang wajib bagi umat
islam untuk dapat membaca Al Qur’an dan diajarkan pada jenjang pendidikan dasar khususnya
pada Taman Kanak-Kanak. TK Sultan Agung UII terletak di Kabupaten Sleman merupakan
salah satu instansi pendidikan dasar yang masih mengajarkan pembelajaran huruf hijaiah
menggunakan metode dikte dan metode IQRO yang umum diberikan kepada siswa.
Permasalahan atau kendala yang dialami dalam menggunakan konsep belajar ini adalah siswa
masih belum mengenal huruf hijaiah dengan baik, siswa mudah terdistraksi pada proses
pembelajaran, siswa kurang termotivasi dalam mempelajari huruf hijaiah, dan metode yang
diberikan oleh guru kurang cocok dengan siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian
ini dilakukan untuk membuat suatu rancangan aplikasi pembelajaran huruf hijaiah dengan
sasaran pengguna anak usia dini berusia 4-6 tahun yang merupakan siswa-siswi TK Sultan
Agung UII untuk mendapatkan user experience yang baik dalam pembelajaran.
Tahap pertama dilakukan tahap empathize untuk mendapatkan perspektif pengguna dan
permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran huruf hijaiah, setelah itu tahap define dilakukan
identifikasi masalah berdasarkan permasalahan yang telah didapatkan, selanjutnya tahap ideate
menentukan solusi dari permasalahan yang ada, setelah solusi didapatkan selanjutnya
dilakukan perancangan aplikasi pembelajaran huruf hijaiah di tahap prototype, dari hasil
prototype yang dirancang kemudian diujikan kepada pengguna pada tahap testing
menggunakan pendekatan Cognitive Walkthrough.
Hasil dari pengujian yang dilakukan sebanyak 2 iterasi mendapatkan hasil rancangan
aplikasi pembelajaran huruf hijaiah yang mudah untuk digunakan dan sesuai dengan kebutuhan
pengguna. Indikator pengujian menggunakan jumlah waktu dan kesalahan menunjukan
penurunan total waktu dan kesalahan pada setiap iterasi. Sedangkan indikator pengujian
menggunakan tingkat keberhasilan menunjukan peningkatan keberhasilan pada setiap iterasi.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran huruf hijaiah yang telah dibuat
mudah digunakan oleh pengguna.
Collections
- Informatics Engineering [2177]