Prokrastinasi Akademik Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Regulasi Diri dalam Belajar
Abstract
Prokrastinasi akademik adalah kegiatan menunda pengerjaan tugas-tugas akademik yang
banyak dilakukan oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
regulasi diri dalam belajar terhadap prokrastinasi akademik. Partisipan pada penelitian ini
adalah mahasiswa yang aktif berorganisasi dan memiliki jabatan sebagai ketua, wakil
ketua, sekretaris, bendahara. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah
Tuckman Procrastination Scale untuk mengukur prokrastinasi akademik dan Academic
Self-Regulated Learning Scale untuk mengukur regulasi diri dalam belajar. Hasil
penelitian menunjukan terdapat pengaruh regulasi diri dalam belajar terhadap
prokrastinasi akademik. Diketahui terdapat tiga dari tujuh dimensi yang berpengaruh
signifikan terhadap prokrastinasi akademik yaitu: strategi memori, penetapan tujuan, dan
learning responsibility.
Collections
- Psychology [2192]