Show simple item record

dc.contributor.authorAmani, Almira Zata
dc.date.accessioned2023-12-07T02:35:14Z
dc.date.available2023-12-07T02:35:14Z
dc.date.issued2023-11-20
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/123456789/45955
dc.description.abstractSaat ini sektor perbankan telah mengalami perkembangan yang pesat dan menjadi salah satu pemain dominan dalam aktivitas ekonomi. Perkembangan sektor perbankan memiliki dampak signifikan terhadap kemajuan ekonomi suatu negara. Selain perbankan konvensional, terdapat sistem perbankan yang prinsipnya menggunakan sistem bagi hasil yang disebut dengan perbankan syariah. Dalam menjalankan operasionalnya, perbankan syariah memiliki tantangan yaitu untuk mencapai masyarakat yang lebih kecil. Hal tersebut yang mendorong lahirnya BMT yang merupakan Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Di era globalisasi seperti sekarang, BMT harus mampu meningkatkan daya saingnya dalam persaingan antar Lembaga Keuangan Syariah. Kualitas pelayanan dan kualitas produk yang disediakan oleh BMT dapat menjadi faktor kunci dalam menarik minat masyarakat, begitu pula dengan pemilihan lokasi yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan lokasi terhadap minat menabung di BMT. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasinya adalah seluruh nasabah BMT di kabupaten Klaten dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik convience sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 orang. Instrumen penelitiannya menggunakan kuesioner yang diolah dengan IBM SPSS Statistics dilanjutkan dengan analaisis data menggunakan analaisis regresi linear berganda dan koefisien determinasi, sedangkan pengujian hipotesisnya menggunakan uji F dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk masing-masing berpengaruh positif terhadap minat menabung di BMT, sedangkan variabel lokasi tidak berpengaruh terhadap minat menabung.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectKualitas pelayananen_US
dc.subjectKualitas produken_US
dc.subjectLokasien_US
dc.subjectMinat menabungen_US
dc.subjectBMTen_US
dc.titlePENGARUH KUALITAS PELAYANAN, KUALITAS PRODUK, DAN LOKASI TERHADAP MINAT MENABUNG DI BMT (Baitul Maal Wa Tamwil) KLATENen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record