LAPORAN AKHIR PROYEK BISNIS MAKE UP ARTIST BY WIDYA
Abstract
Penelitian ini membahas tentang proyek bisnis seorang make up artist yang
mencakup perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi bisnis. Penelitian membahas
tentang cara memperluas relasi dan kerja sama dengan pemasok peralatan
kosmetik, serta menjalin hubungan dengan pelanggan. Selain itu, juga membahas
tentang analisis pelaksanaan proyek bisnis, produksi, marketing, dan promosi. Serta
membahas tentang teori bisnis dan kewirausahaan, teori produk pengembangan,
teori pemasaran, dan teori Porter Five Force. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mempelajari ide bisnis make up artist yang mencakup perawatan kulit dan make up
pada adat yang berbeda seperti adat Jawa, Sunda, Bali, Minang, dan lainnya.
Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan teknik
pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan studi pustaka. Hasil dari
proyek ini menunjukkan bahwa bisnis make up artist semakin berkembang pesat
karena banyaknya orang yang ingin terlihat cantik dan menarik, terutama di era
sosial media. Penulis juga membahas tentang analisis pelaksanaan proyek bisnis,
produksi, marketing, dan promosi. Dalam penelitian juga membahas tentang harga
jual jasa make up, biaya overhead, harga pokok penjualan, laporan laba rugi, dan
laporan arus kas. Beberapa peluang pasar yang dapat dijelaskan adalah
pertumbuhan industri kecantikan, preferensi dan kebutuhan unik dari setiap
kelompok pelanggan, dan metode yang digunakan perusahaan untuk berinteraksi
dengan pelanggan. Dalam industri make-up, channels adalah istilah yang mengacu
pada metode yang digunakan perusahaan untuk berinteraksi dengan pelanggan.
Collections
- Akuntansi [4414]