Show simple item record

dc.contributor.authorPrawesta, Naufal Ghoza
dc.date.accessioned2023-11-29T07:32:58Z
dc.date.available2023-11-29T07:32:58Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/45909
dc.description.abstractToko Heloobang merupakan salah satu dari sekian banyak toko yang menjual produk sepatu khususnya merek Vans di Yogyakarta. Hal ini tentu saja menjadikan Toko Heloobang serta toko yang menjual barang sejenisnya saling bersaing untuk terus menarik minat dari konsumen. Saat ini dengan seiring berjalannya trend yang berkembang di bidang fashion, banyak bermunculan toko baru yang menjual produk sepatu khususnya merek Vans di Yogyakarta. Hal ini membuat penjualan dari Toko Heloobang menurun, dikarenakan keunggulan dari toko lainya seperti dari segi lokasi, fasilitas, branding, serta konsep yang ditawarkan. Salah satunya yaitu Toko Surplus yang menjadi kompetitor terdekat Toko Heloobang lokasinya berjarak kurang dari 2 km dari Toko Heloobang. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh strategi pemasaran yang tepat untuk Toko Heloobang dalam menghadapi permasalahan yang ada. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan rancangan berupa usulan bagaimana strategi BOS (Blue Ocean Strategy) nantinya akan diterapkan pada bidang usaha Toko Heloobang dengan menggunakan analisis SWOT dalam mengetahui kondisi internal dan eksternal toko serta mengetahui kanvas strategi awal dan kanvas strategi baru pada Toko Heloobang. Pengambilan data pada penelitian ini melalui observasi lapangan, wawancara dengan pemilik Toko Heloobang, pengisian kuesioner menggunakan google form, dan studi pustaka. Setelah dilakukan analisis pada hasil penelitian didapatkan kekuatan dari Toko Heloobang yaitu pada harga, kualitas produk, fasilitas, kecepatan dan respon pelayanan, kenyamanan tempat. Sedangkan kelemahan dari Toko Heloobang yaitu pada kebersihan dan kerapian display, ciri khas produk, branding (merek), promosi produk, dan kemudahan transaksi. Untuk rancangan strategi pemasaran yang baru diperoleh segmentasi pada pelanggan baru dengan fokus menjual toddler shoes yakni sepatu balita / anak-anak dan sandal foam untuk orang dewasa hingga tua, selain itu ada pemberian kartu member (membership card) bagi dropshipper maupun pelanggan untuk mendorong tingkat penjualan dan memperluas area parkir atau mempertimbangkan lokasi toko yang strategis yang masih belum dilakukan pesaing. Dengan adanya atribut baru serta faktor tambahan yang baru diharapkan dapat membuka peluang pangsa pasar baru bagi Toko Heloobang serta dapat menjadi rancangan strategi pemasaran yang tepat bagi Toko Heloobang.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectBlue Ocean Strategyen_US
dc.subjectSWOTen_US
dc.subjectstrategi bisnisen_US
dc.titleRancangan Strategi Pemasaran Menggunakan Pendekatan Blue Ocean Strategy untuk Meningkatkan Penjualan dalam Persaingan Bisnis Penjualan Sepatuen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM18522106


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record