Rancangan Strategi Pemasaran Menggunakan Pendekatan Blue Ocean Strategy untuk Meningkatkan Penjualan dalam Persaingan Bisnis Penjualan Sepatu
Abstract
Toko Heloobang merupakan salah satu dari sekian banyak toko yang menjual produk
sepatu khususnya merek Vans di Yogyakarta. Hal ini tentu saja menjadikan Toko
Heloobang serta toko yang menjual barang sejenisnya saling bersaing untuk terus
menarik minat dari konsumen. Saat ini dengan seiring berjalannya trend yang
berkembang di bidang fashion, banyak bermunculan toko baru yang menjual produk
sepatu khususnya merek Vans di Yogyakarta. Hal ini membuat penjualan dari Toko
Heloobang menurun, dikarenakan keunggulan dari toko lainya seperti dari segi lokasi,
fasilitas, branding, serta konsep yang ditawarkan. Salah satunya yaitu Toko Surplus
yang menjadi kompetitor terdekat Toko Heloobang lokasinya berjarak kurang dari 2
km dari Toko Heloobang. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh strategi
pemasaran yang tepat untuk Toko Heloobang dalam menghadapi permasalahan yang
ada. Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan rancangan berupa usulan
bagaimana strategi BOS (Blue Ocean Strategy) nantinya akan diterapkan pada bidang
usaha Toko Heloobang dengan menggunakan analisis SWOT dalam mengetahui
kondisi internal dan eksternal toko serta mengetahui kanvas strategi awal dan kanvas
strategi baru pada Toko Heloobang. Pengambilan data pada penelitian ini melalui
observasi lapangan, wawancara dengan pemilik Toko Heloobang, pengisian kuesioner
menggunakan google form, dan studi pustaka. Setelah dilakukan analisis pada hasil
penelitian didapatkan kekuatan dari Toko Heloobang yaitu pada harga, kualitas
produk, fasilitas, kecepatan dan respon pelayanan, kenyamanan tempat. Sedangkan
kelemahan dari Toko Heloobang yaitu pada kebersihan dan kerapian display, ciri khas
produk, branding (merek), promosi produk, dan kemudahan transaksi. Untuk
rancangan strategi pemasaran yang baru diperoleh segmentasi pada pelanggan baru
dengan fokus menjual toddler shoes yakni sepatu balita / anak-anak dan sandal foam
untuk orang dewasa hingga tua, selain itu ada pemberian kartu member (membership
card) bagi dropshipper maupun pelanggan untuk mendorong tingkat penjualan dan
memperluas area parkir atau mempertimbangkan lokasi toko yang strategis yang masih
belum dilakukan pesaing. Dengan adanya atribut baru serta faktor tambahan yang baru
diharapkan dapat membuka peluang pangsa pasar baru bagi Toko Heloobang serta
dapat menjadi rancangan strategi pemasaran yang tepat bagi Toko Heloobang.
Collections
- Industrial Engineering [2257]