Penerapan Pendekatan Design Thinking Tahapan Empahize dan Define di SMAN 1 Sleman
Abstract
Perkembangan teknologi dan komunikasi yang pesat pada abad ke-21 telah memberikan
dampak signifikan pada berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk pendidikan. Dalam
menghadapi era kreativitas ini, kompetensi baru, seperti design thinking, diperlukan untuk
mengembangkan kemampuan siswa dalam memecahkan permasalahan kompleks dan terbuka.
Design thinking, yang awalnya dikembangkan sebagai konsep pola pemikiran desainer, telah
digunakan di berbagai bidang untuk memecahkan masalah kompleks dengan pendekatan yang
berorientasi pada manusia. Dalam konteks pendidikan, design thinking dapat diterapkan untuk
menciptakan solusi yang efektif, efisien, dan inovatif sesuai dengan kebutuhan siswa. Tahapan-
tahapan dalam design thinking, seperti empathize dan define, melibatkan penggunaan critical
thinking dan creative thinking yang kolaboratif untuk memetakan permasalahan dan
mengidentifikasi solusi yang tepat. tahap empathize bertujuan untuk memahami secara
mendalam permasalahan atau tantangan yang sedang dihadapi melalui observasi, wawancara,
atau gabungan keduanya. Kemudian, pada tahap define, dilakukan analisis terhadap berbagai
wawasan yang diperoleh pada tahap empathize untuk menentukan garis besar permasalahan
sebagai sudut pandang atau perhatian utama. Meskipun demikian, pengajaran design thinking
di sekolah masih jarang dilakukan, padahal kemampuan ini sangat relevan untuk persiapan
siswa menghadapi tantangan masa depan. Oleh karena itu, berdasarkan permasalahan diatas
ditawarkannya topik mengenai “Design Thinking” Hasil pelatihan digunakan untuk
mengidentifikasi kebutuhan siswa dan menciptakan prototype solusi yang sesuai. Selain itu,
siswa diharapkan untuk mampu memahami dan mengimplementasikan design thinking
terutama pada tahap empathize dan define dalam kehidupan sehari-hari sehingga mampu
mengatasi permasalahan yang ada dengan cara yang terstruktur. Pemahaman siswa dapat
dilihat pada evaluasi melalui pengukuran dampak melalui kuesioner yang dihitung
menggunakan skala likert.
Collections
- Informatics Engineering [2177]