KOMUNIKASI DAN PELAYANAN ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA PENDIDIKAN TAMAN KANAK- KANAK DI DEPOK
Date
2023-10-19Author
Mariam, Iis
Purwinarti, Titik
Putro, Zaenal Abidin Eko
Wartiningsih, Endah
Latianingsih, Nining
Metadata
Show full item recordAbstract
Memberikan pelayanan yang prima dalam lembaga pendidikan merupakan faktor
penting yang dapat meningkatkan kinerja lembaga serta mampu memberikan kesan baik
bagi siswa, orang tua siswa dan masyarakat. Dalam era digital saat ini, kecepatan mersepon
perubahan teknologi yang semakin cepat perlu diimbangi dengan pola pelayanan yang
prima pada lembaga pendidikan sehingga mampu memberikan nilai positif kepada guru,
kepala sekolah termasuk yang ada di jenajng sekolah Taman Kanak Kanak. Peran dan
fungsi guru serta kepala sekolah Taman Kanak Kanak (TK) di Depok saat ini dalam
merespon kecepatan teknologi masih perlu ditingkatkan terutama dalam komunikasi dan
pelayanan dalam menunjang administrasi perkantoran. Adapun tujuan dari pengabdian
kepada masyarakat ini adalah mengidentifikasi bagaimana konsep pelayanan yang
digunakan dalam menunjang pelaksanaan administrasi perkantoran di sekolah TK. Metode
yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, serta angket kepada para staf administrasi, guru dan kepada sekolah TK di
Depok. Hasilnya menunjukkan bahwa konsep pelayanan yang digunakan adalah konsep
3A (action, attention dan attitude) dan hasilnya menunjukkan bahwa pola komunikasi yang
digunakan staf administrasi, guru dan kepala sekolah sudah baik (sangat setuju 60%),
pelayanan dilakukan secara cepat dan tepat (sangat setuju 58%), serta kinerja para staf
adminisitrasi, guru dan kepala sekolah telah memberikan dampak positif dan baik pada
pelaksanaan administrasi perkantoran di sekolah (setuju 75%).