PENGEMBANGAN UMKM KERIPIK TALAS DUSUN BANYUSIDI MAGELANG MELALUI INOVASI KEMASAN DAN PEMASARAN DIGITAL
Date
2023-10-19Author
Budiman, Ahmad Satria
Kamil, Muh.
Pratama, Ericko Wahyu
Harnando, Novalo
Metadata
Show full item recordAbstract
Talas kimpul banyak ditanam di Dusun Banyusidi, Magelang, Jawa Tengah.
Sekelompok ibu-ibu PKK yang juga tergabung dalam UMKM beberapa tahun terakhir ini
mengolah talas kimpul menjadi keripik talas dalam skala rumah tangga. Akan tetapi,
kemasan yang digunakan masih sederhana dengan plastik biasa, serta belum disertai logo
dan nama usaha. Selain itu, pemasarannya masih dititipkan atau disetorkan ke warungwarung
sekitar, serta belum mengenal penjualan secara online. Berdasarkan hal-hal
tersebut, dirumuskan program pengabdian masyarakat untuk mengembangkan UMKM
keripik talas di Dusun Banyusidi dengan melakukan inovasi terhadap kemasan produk dan
memperkenalkan pemasaran melalui platform digital. Tujuan program ini untuk
memberikan pengetahuan terkait pentingnya inovasi kemasan dalam sebuah usaha dan
meningkatkan kesadaran akan pentingnya pemasaran digital dalam berwirausaha. Metode
pelaksanaan program ini terdiri dari sejumlah tahapan, yaitu observasi, sosialisasi, dan
aplikasi. Hasil program berupa inovasi kemasan dalam bentuk plastik zip-lock dan
pemasaran digital dalam bentuk media sosial Instagram. Di samping itu, masyarakat di
Dusun Banyusidi memperoleh pengetahuan dan pemahaman baik teori maupun praktik
tentang inovasi kemasan dan pemasaran digital.