Visualisasi Tingkat Kualitas Pendidikan Berbasis Sistem Informasi Geografi
Abstract
Perkembangan dunia teknologi informasi saat ini semakin cepat
memasuki berbagai bidang, sehingga kini semakin banyak instansi yang berusaha
meningkatkan usahanya terutama dalam penyampaian informasi yang sangat
berkaitan erat dengan teknologi informasi itu sendiri. Masih banyak instansi
yang lebih memilih menggunakan visualisasi dalam bentuk Tabel yang akan lebih
menyulitkan masyarakat dalam memahami isi data dari Tabel tersebut.
Data pendidikan merupakan data yang dibutuhkan, antara lain untuk
informasi kualitas pendidikan khususnya disektor guru, karena guru adalah yang
menentukan kualitas hasil belajar siswa. Sistem Dinas Pendidikan Provinsi Jawa
Tengah dapat dinyatakan masih memiliki kelemahan dalam mengolah dan
menyampaikan informasi pendidikan kepada masyarakat terutama tentang data
guru. Informasi tentang kualitas guru belum disajikan dalam berbagai media
visualisasi data, seperti Tabel, Grafik, maupun Peta. Metode yang digunakan
dalam penelitian terdiri atas metode pengumpulan data dan metode
pengembangan, metode pengumpulan data terdiri atas interview dan studi
pustaka, sementara metode pengembangan terdiri atas analisis kebutuhan sistem,
perancangan sistem dan pembuatan antarmuka awal, implementasi sistem dan
pengujian sistem.
Berdasarkan seluruh rangkaian penelitian sistem dapat memvisualisasikan
data guru dalam bentuk tabel, grafik dan peta digital serta mengelompokan data
guru dalam tiga kategori, yaitu merah, kuning dan hijau untuk seluruh Kabupaten
di Provinsi Jawa Tengah.
Collections
- Informatics Engineering [2148]