Dukungan Sosial Orang Tua Dan Regulasi Diri Secara Daring Dengan Efikasi Diri Secara Daring Sebagai Mediator Pada Siswa Sman “X” Sleman
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peranan efikasi diri secara daring
sebagai mediator antara dukungan sosial orang tua dan regulasi diri secara daring pada 247
siswa berusia 15-18 tahun di SMAN "X" Sleman. Analisis data menggunakan Persamaan
Struktural Pemodelan (SEM) dengan bantuan program Amos 22. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa nilai p pada variabel dukungan sosial orangtua terhadap efikasi diri
secara daring dapat dinyatakan signifikan. Selanjutnya, pada variabel dukungan sosial
orangtua terhadap regulasi diri secara daring dapat dinyatakan signifikan karena memiliki nilai
<0,05 sebagaimana dibuktikan dengan “***“ pada kolom p. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa efikasi diri secara daring memediasi secara parsial hubungan dukungan sosial
orangtua dan regulasi diri secara daring. Dengan demikian, hipotesis dalam penelitian ini
dinyatakan diterima.
Collections
- Master of Psychology [344]