Pengaruh Pendapatan, Literasi Keuangan, Gaya Hidup Hedonis, dan Motivasi Usaha terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa di Indonesia dan Dampaknya terhadap Penggunaan Paylater
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi serta interner yang
semakin pesat mampu memudahkan segala aktivitas sehari-hari. Salah satu wujud
inovasi perkembangan teknologi ini adalah hadirnya financial technology (fintech).
Paylater merupakan salah satu financial technology yang berkembang dengan baik
di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendapatan,
literasi keuangan, gaya hidup hedonis, dan motivasi usaha terhadap perilaku
konsumtif mahasiswa di Indonesia serta dampaknya terhadap penggunaan paylater.
Data dalam penelitian ini diperoleh dari penyebaran kuesioner dengan google form
dan diolah menggunakan SPSS 25.0. Responden yang didapatkan sebanyak 332
dan merupakan mahasiswa di Indonesia yang menggunakan paylater. Penelitian ini
menggunakan Theory of Acceptance and Use Technology 2 (UTAUT 2). Hasil dari
penelitian menunjukkan bahwa pendapatan dan gaya hidup hedonis berpengaruh
positif serta signifikan terhadap perilaku konsumtif. Literasi keuangan dan
motivasi usaha berpengaruh negatif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif.
Perilaku konsumtif berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan
paylater.
Collections
- Akuntansi [4444]