PENGARUH KELUARGA, LOVE OF MONEY, DAN MACHIAVELLIAN TERHADAP PERSEPSI WAJIB PAJAK UMKM MENGENAI ETIKA PENGGELAPAN PAJAK DENGAN RELIGIUSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh keluarga, love of
money, dan machiavellian terhadap persepsi wajib pajak UMKM mengenai etika
penggelapan pajak dengan religiusitas sebagai variabel moderasi. Variabel
independen yang digunakan adalah keluarga, love of money, dan Machiavellian.
Variabel dependen yang digunakan adalah persepsi etika penggelapan pajak.
Variabel moderasi yang digunakan adalah religiusitas.
Populasi dalam penelitian ini adalah wajib pajak UMKM (Usaha Mikro
Kecil dan Menengah) di 14 Kecamatan Kota Yogyakarta. Metode penentuan
sampel yang digunakan metode purposive sampling dan convenience sampling
dengan sampel sebanyak 100 responden. Metode analisis dalam penelitian ini
menggunakan regresi linear berganda dan analisis regresi moderating.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keluarga berpengaruh negatif
terhadap persepsi etika penggelapan pajak sedangkan love of money dan
machiavellian berpengaruh positif terhadap persepsi etika penggelapan pajak.
Kemudian, keluarga dan love of money tidak berpengaruh terhadap persepsi etika
penggelapan pajak dengan religiusitas sebagai variabel moderasi sedangkan
machiavellian berpengaruh terhadap persepsi etika penggelapan pajak dengan
religiusitas memperkuat pengaruh sebagai variabel moderasi.
Collections
- Akuntansi [4435]