FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI PERILAKU PENGGUNAAN (USE BEHAVIOR) SHOPEEPAY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ekspektasi kinerja (performance
expectancy), ekspektasi usaha (effort expectancy), pengaruh sosial (social influence),
kondisi pendukung (facilitating conditions), motivasi hedonis (hedonic motivation),
nilai harga (price value), dan kebiasaan (habit) terhadap perilaku penggunaan (use
behavior) shopeepay. Penelitian ini menggunakan sampel mahasiswa/i aktif
Yogyakarta. Data berupa kuesioner yang disebarkan kepada responden dengan
menggunakan metode purposive sampling melalui Google Form. Jumlah sampel yang
digunakan adalah 200 orang. Hasil dari penelitian ini memperoleh bahwa ekspektasi
kinerja (performance expectancy), ekspektasi usaha (effort expectancy), kondisi
pendukung (facilitating conditions), nilai harga (price value), dan kebiasaan (habit)
berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku penggunaan (use behavior)
shopeepay. Sedangkan pengaruh sosial (social influence) dan motivasi hedonis
(hedonic motivation) tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku penggunaan (use
behavior) shopeepay.
Collections
- Akuntansi [4426]