PENGARUH AKUNTABILITAS, TRANSPARANSI, DAN KEPERCAYAAN AFEKTIF TERHADAP MINAT MEMBAYAR ZAKAT PADA BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA DENGAN RELIGIOSITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Abstract
Judul penelitian ini adalah pengaruh akuntabilitas, transparansi, dan
kepercayaan afektif terhadap minat membayar zakat pada Badan Amil Zakat
Nasional (BAZNAS) Daerah Istimewa Yogyakarta dengan religiositas sebagai
variabel moderasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
akuntabilitas, transparansi, kepercayaan afektif terhadap minat membayar zakat dan
hubungan religiositas sebagai moderasi dalam memperkuat pengaruh akuntabilitas,
transparansi, kepercayaan afektif terhadap minat membayar zakat. Penelitian ini
dilakukan secara kuantitatif dan menggunakan kuesioner sebagai metode
pengumpulan data. Populasi diambil muzakki di Provinsi Daerah Istimewa
Yogyakarta. Sampel penelitian yang diambil 150 responden. Metode analisis data
menggunakan Model Persamaan Struktural dengan Partial Least Square (PLS).
Hasil penelitian menunjukkan transparansi terhadap minat membayar zakat
memiliki hasil positif dan signifikan; kepercayaan afektif terhadap minat membayar
zakat memiliki hasil positif dan signifikan; religiositas sebagai variabel moderasi
memperkuat pengaruh kepercayaan afektif terhadap minat membayar zakat.
Meskipun demikian, hasil uji akuntabilitas terhadap minat membayar zakat
memiliki hasil negatif dan tidak signifikan; religiositas sebagai variabel moderasi
tidak memperkuat pengaruh akuntabilitas terhadap minat membayar zakat;
religiositas sebagai variabel moderasi tidak memperkuat pengaruh transparansi
terhadap minat membayar zakat.
Collections
- Akuntansi [4660]