Strategi Diplomasi Publik Korea Selatan dan Bangtan Sonyeondan (BTS) Dalam Menyebarkan Hallyu K-pop di Arab Saudi
Abstract
Korea Selatan dikenal akan diplomasi publiknya. Image menjadi salah satu
kepentingan nasional Korea Selatan di mata dunia internasional. Dalam
memperluas penyebaran Hallyu, Korea Selatan berusaha untuk meningkatkan
image nya. Salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah Korea untuk
mengatasi permasalahan image dengan strategi diplomasi publik melalui Bangtan
Sonyeondan (BTS). Arab Saudi adalah negara yang konservatif. Hallyu dianggap
seperti budaya Barat. Pencapaian kepentingan dari pemerintah Arab Saudi melalui
BTS. Menghasilkan sebuah kerja sama yang menjadi hubungan jangka panjang
antara Korea dengan Arab Saudi. Penelitian ini akan menganalisis bagaimana
strategi diplomasi publik Korea Selatan melalui BTS untuk meningkatkan image
menghargai keragaman budaya Islam di Arab Saudi dengan menggunakan teori
diplomasi publik relasional, jaringan, dan kolaborasi, melalui pengembangan
tipologi kerja sama negara dan aktor non-negara
Collections
- International Relations [503]