dc.description.abstract | Setiap orang tua memiliki tanggung jawab untuk mendidik, dan
menanamkan nilai-nilai akidah kepada anaknya sejak usia dini. Ada banyak cara
untuk menanamkan akidah pada anak usia dini, salah satunya dengan memberikan
stimulasi kepada anak di lembaga pendidikan yang bernuansa Islam seperti
Raudhatul Athfal Sunan Pandanaran Sleman. Adapun kelebihan dari RA Sunan
Pandanaran yaitu bagian dari Yayasan Sunan Pandanaran yang terkenal akan
lembaga Islamiyah, rutin melakukan kegiatan keagamaan dan berkontribusi dalam
membentuk anak menjadi muslim yang menjalankan nilai-nilai akidah dengan
menggunakan metode khusus pada pembelajarannya yang berdampak pada
aktivitas sehari-hari anak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan
metode penanaman nilai-nilai akidah pada anak usia dini dan mendeskripsikan
dampak yang didapatkan dari metode penanaman nilai-nilai akidah pada anak usia
dini di RA Sunan Pandanaran.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Teknik penentuan
informan menggunakan teknik purposive sampling, adapun informan tersebut
antara lain: kepala sekolah, wali kelas B3 dan guru RA Sunan Pandanaran. Teknik
pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan
keabsahan data dari penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis
data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan vertifikasi data.
Hasil dari penelitian ini adalah metode yang digunakan RA Sunan
Pandanaran dalam menanamkan nilai-nilai akidah pada anak usia dini dapat
dikatakan sudah baik karena metode yang diterapkan sesuai dengan tumbuh
kembang anak. Adapun metode yang digunakan RA Sunan Pandanaran dalam
menanamkan nilai-nilai akidah pada anak usia dini yaitu metode bernyanyi, metode
demonstrasi, metode pembiasaan, metode bermain sambil belajar dan metode
karyawisata. Penerapan metode penanaman nilai-nilai akidah pada anak usia dini
di RA Sunan Pandanaran menghasilkan dampak perubahan yang signifikan bagi
para anak didiknya. | en_US |