Hubungan Antara Minat Belajar dan Kemandirian Belajar Kimia Peserta Didik SMA Negeri 1 Karangdowo
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dan kemandirian belajar kimia peserta didik di SMA Negeri 1 Karangdowo. Populasi penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas SMA Negeri 1 Karangdowo yang berjumlah 940. Sampel penelitian merupakan peserta didik kelas XII IPA 2 dan 4 yang berjumlah 52 peserta didik. Teknik penentuan sampel pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purpossive sampling. Pengambilan data pada penelitian ini digunakan teknik non tes dengan bentuk instrumen berupa angket. Instrumen minat belajar dan kemandirian belajar peserta didik harus di validasi isi dan konstruk sebelum digunakan pada prosedur pengambilan data penelitian. Data dianalisis dengan uji statistika parametrik korelasi pearson product moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara minat belajar dan kemandirian belajar Kimia peserta didik di SMA Negeri 1 Karangdowo dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 dan koefesien korelasi 0,591 dengan tingkat hubungan sedang.
Collections
- Chemistry Education [325]