Strategi Koping dan Stres Akademik Pada Mahasiswa Dalam Melaksanakan Kuliah Daring Saat Pandemi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara strategi koping dengan
stres akademik pada mahasiswa yang sedang menjalani pembelajaran daring pandemi
Covid-19. Responden dalam penelitian ini yaitu mahasiswa yang berjumlah 150 orang
yang berjenis kelamin laki-laki maupun perempuan yang sedang menjalani pembelajaran
daring. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form. Penelitian
ini menggunakan teknik analisis korelasi dan regresi linier sederhana untuk mengetahui
hubungan serta pengaruh antara strategi koping dengan stres akademik. Hipotesis dari
penelitian ini ialah adanya hubungan negatif signifikan antara strategi koping dengan stres
akademik pada mahasiswa yang sedang menjalani pembelajaran daring pandemi Covid-
19. Penelitian ini menggunakan skala strategi koping yaitu skala Brief COPE yang
dikembangkan oleh Carver, Scheier, dan Weintraub serta skala stres akademik yang telah
diadaptasi kedalam Bahasa Indonesia, yaitu skala Perception of Academic Stress (PAS)
oleh Bedewy dan Gabriel (2015). Hasil penelitian ini menunjukkan strategi koping
berkorelasi dengan stres akademik. Semakin tepat strategi koping yang diterapkan, maka
semakin rendah tingkat stres akademik seseorang. Selain itu, strategi koping memiliki
pengaruh sebesar 5,6% terhadap stres akademik.
Collections
- Psychology [2186]