Perkembangan Homeschooling Keluarga Muslim Tahap Sekolah Dasar Studi Kualitatif Sanggar Kegiatan Belajar Bantul Yogyakarta Tahun 2022
Abstract
Penelitian ini mengkaji pemilihan metode pendidikan yang diambil sebagian keluarga muslim di Bantul Yogyakarta. Dimana terjadi peningkatan penggunaan metode homeschooling oleh beberapa keluarga muslim. Seperti yang kita ketahui bahwa orangtua/ keluarga adalah sekolah pertama untuk anak-anak. Pengajaran yang diberikan orangtua menggunakan pendekatan yang lebih ‘ramah’ dan disesuaikan dengan kebutuhan dan karakter anak tanpa meninggalkan esensi pendidikan yang sesungguhnya. Saat ini beberapa keluarga muslim memilih untuk menyekolahkan anak-anak mereka dengan metode homeschooling. Untuk itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perkembangan Homeschooling Keluarga Muslim di Bantul, Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan mengumpulkan data wawancara, dokumentasi dan data skunder yang tercatat di Sanggar Kegiatan Belajar, Bantul, Yogyakarta. Berdasarkan data skunder dan hasil wawancara dengan orangtua dan siswa di SKB, Bantul Yogyakarta tercatat adanya peningkatan data keluarga muslim yang terdaftar di SKB Bantul Yogyakarta dari tahun 2018-2022.