dc.description.abstract | Puskesmas Pakem merupakan salah satu pelayanan kesehatan yang berada di Kabupaten
Sleman, puskesmas ini menjadi salah satu lokasi pelayanan kesehatan yang banyak
dikunjungi oleh masyarakat untuk melakukan pemeriksaan. Rata-rata kunjungan pasien
di Puskesmas Pakem setiap bulannya sebanyak 1.933 pasien pada tahun 2021 dan 1.903
pasien pada tahun 2022, dimana poli pelayanan pemeriksaan umum menjadi poli dengan
jumlah kunjungan pasien tertinggi. Saat ini rata-rata waktu tunggu pada poli pelayanan
pemeriksaan umum adalah 18 menit, hal ini tentunya berpengaruh pada akumulasi waktu
tunggu. Semakin lamanya waktu tunggu pasien tentunya akan membuat pasien merasa
tidak nyaman. Hal ini diperparah dengan suatu kondisi di mana pasien harus menunggu
antrian dengan berdiri di waktu-waktu tertentu. Sehingga, untuk itu tujuan dari penelitian
ini adalah untuk menganalisis sistem antrian di poli pelayanan pemeriksaan umum
Puskesmas Pakem serta memberikan usulan perbaikan yang dapat diberikan untuk
mengurangi waktu tunggu pasien. Metode penelitian yang digunakan adalah Discrete
Event Simulation dengan menggunakan software FlexSim 21. Dari hasil perhitungan
didapatkan rata-rata waktu tunggu yang tinggi pada fasilitas pelayanan pendaftaran,
pelayanan pemeriksaan umum, dan pelayanan farmasi dengan rata-rata waktu menunggu
terendah terdapat pada fasilitas pelayanan pemeriksaan umum dengan waktu 1051,667
detik atau sekitar 18 menit. Usulan perbaikan yang diberikan terdiri dari tiga skenario,
dimana skenario 1 dengan cara menghilangkan waktu downtime operator pelayanan
pendaftaran, kemudian pada skenario 2 dengan cara menghilangkan waktu downtime
operator pelayanan pendaftaran dan penerapan batas maksimal lamanya pelayanan
pendaftaran untuk pasien selama 5 menit, serta skenario 3 dengan cara menambahkan 1
operator pada bagian pelayanan farmasi. | en_US |