Show simple item record

dc.contributor.authorIhsanuddin, Syarif
dc.date.accessioned2023-06-22T03:49:27Z
dc.date.available2023-06-22T03:49:27Z
dc.date.issued2023
dc.identifier.uridspace.uii.ac.id/123456789/45074
dc.description.abstractUMKM dalam bidang home & décor di Provinsi Jawa tengah ikut terdampak pandemic covid-19 dalam kegiatan perdagangan internasional yakni penurunan penjualan dan distribusi barang yang mengalami perlambatan salah satu nya adalah perusahaan bernama CV Art Classic Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab umkm di Jawa tengah mengalami perlambatan proses bisnis selama masa pandemic covid-19 yang diukur berdasarkan etika bisnis islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis kualitatif untuk mengkaji data yang didapatkan dari proses wawancara dan kajian literature. Metode analisis kualitatif dengan pengukuran perspektif etika bisnis islam memungkinkan penulis dapat mendeskripsikan penyebab terjadinya penurunan penjualan dan distribusi barang di perdagangan internasional. Terdapat dua kesimpulan dari penelitian ini pertama, menjelaskan bahwa terdapat kenaikan harga barang sektor home decor manufaktur dan kenaikan harga ocean freight hingga 300%. Kedua, penerapan etika bisnis islam pada industri sektor pelayaran global secara garis besar tidak melanggar etika yang berlaku pada bisnis islam dari pihak operator pelayaran maupun forwarder. Namun dalam hal ini penilaian ketauhidan masih belum tercapai dikarenakan kesatuan masih didasarkan pada kepentingan ekonomi yakni mencari keuntungan.en_US
dc.publisherUniversitas Islam Indonesiaen_US
dc.subjectGlobal shipping industryen_US
dc.subjectPandemi COVID-19en_US
dc.subjectEtika Bisnis Islamen_US
dc.titleDampak Pandemi Covid-19 Terhadap Global Shipping Industry Ditinjau dari Perspektif Etika Bisnis Islamen_US
dc.typeThesisen_US
dc.Identifier.NIM17423092


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record