Show simple item record

dc.contributor.authorAFI FAIZAH SIHOTANG
dc.date.accessioned2023-05-23T01:52:48Z
dc.date.available2023-05-23T01:52:48Z
dc.date.issued2023-01
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/44878
dc.description.abstractMahasiswa rantau mengalami perasaan kesepian, kurang percaya diri, kesulitan menjalin hubungan dengan orang baru, serta kesulitan dalam mengelola keuangan dan waktu ketika berpisah tempat tinggal dengan orang tuanya. Kondisi kesejahteraan psikologis pada mahasiswa rantau dipengaruhi oleh regulasi diri dalam belajar dan resiliensi akademik. Tujuan penelitian ini adalah menguji peran resiliensi akademik sebagai mediator dalam hubungan antara regulasi diri dalam belajar terhadap kesejahteraan psikologis pada mahasiswa rantau. Penelitian ini melibatkan mahasiwa rantau di Yogyakarta (N=514) dengan metode sampling yaitu purposive sampling. Data dianalisis dengan menggunakan teknik mediation analysis melalui aplikasi JASP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa resiliensi akademik mampu berperan sebagai mediator (E=0.042, p<0.001, 95% CI=0.022,0.061) antara regulasi diri dalam belajar dan kesejahteraan psikologis pada mahasiswa rantau. Mahasiswa rantau yang mampu menggunakan sumber daya internal untuk menghadapi tantangan akademik akan mempengaruhi kondisi kesejahteraannya secara psikologis.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleResiliensi Akademik Sebagai Mediator Antara Regulasi Diri Dalam Belajar Dan Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa Rantauen_US
dc.Identifier.NIM20915022


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record