Show simple item record

dc.contributor.authorLAILA SIRRI HAYATI
dc.date.accessioned2023-05-23T01:32:44Z
dc.date.available2023-05-23T01:32:44Z
dc.date.issued2023-04
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/44876
dc.description.abstractIndonesia merupakan negara yang memiliki berbagai macam keindahan alam mulai dari keindahan pantai, gunung, pemandangan alam bawah laut, hingga kekayaan budaya yang berpotensi menjadi daya tarik wisata salah satunya Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Oleh karena itu, penting bagi para pengelola pariwisata untuk memastikan bahwa sarana dan prasarana yang mendukung kenyamanan wisatawan, seperti penginapan atau hotel, tersedia dengan memadai selama berlibur. Sehingga memudahkan para wisatawan dalam memilih kriteria hotel yang sesuai dengan keinginan mereka menyebabkan munculnya berbagai inovasi dalam penawaran produk barang atau jasa, salah satunya adalah kemunculan Online Travel Agent (OTA), sebuah inovasi dalam sektor pariwisata yang dapat menggantikan proses pemesanan hotel secara langsung sehingga dapat dilakukan secara online. Namun karena minimnya sistem informasi yang tersedia, membuat peneliti berusaha untuk membuat sebuah sistem rekomendasi yang berguna dalam membantu calon tamu hotel memilih hotel yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Dalam penelitian ini, peneliti akan membangun sebuah sistem rekomendasi hotel di Pulau Lombok melalui salah satu OTA di Indonesia menggunakan Metode Item-Based Collaborative Filtering, dan mengukur kemiripan item menggunakan Pearson Correlation Methods. Peneliti menggunakan ASTON Inn Mataram untuk ditampilkan hasil rekomendasinya dan hasil rekomendasi hotel yang diberikan adalah Deka Homestay Mataram, Golden Palace Hotel Lombok, Holiday Resort Lombok, Puri Bunga Beach Cottage Lombok, Lombok Astoria Mataram, Lombok Garden Hotel Lombok, Jayakarta Hotel Lombok, Sunnwood Harian Hotel, Merumatta Senggigi Lombok, dan Aruna Senggigi Hotel dengan rating prediksi disebutkan berturut-turut sebesar 4.757763, 1.24552, 0.71485, 0.640529, 0.352909, -0.046998, -0.302672, -0.484312, -0.496377, dan -0.54269 dengan nilai Hit Rate sebesar 1.0 yang artinya semua hasil rekomendasi yang diberikan sesuai dengan preferensi atau aktivitas pengguna.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titleImplementasi Metode Item-Based Collaborative Filtering Dengan Algoritma Pearson Correlation Untuk Sistem Rekomendasi Hotel (Studi Kasus: Hotel Di Lombok Pada Website Pegipegi.Com)en_US
dc.Identifier.NIM19611050


Files in this item

FilesSizeFormatView

There are no files associated with this item.

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record