PENGARUH KESADARAN, KUALITAS PELAYANAN DAN PENERAPAN SISTEM E-FILING TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DENGAN SOSIALISASI PERPAJAKAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kesadaran, Kualitas Pelayanan, dan Penerapan Sistem e-Filing terhadap Kepatuhan Wajib Pajak dengan Sosialisasi Perpajakan sebagai Variabel Moderasi. Data penelitian ini diperoleh dari kuesioner (primer) dengan menggunakan metode convenience sampling. Populasi penelitian ini adalah Wajib Pajak Orang Pribadi di KPP Badung Selatan. Sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 100 responden. Kuesioner ini di uji dengan uji valditas dan uji reliabilitas. Uji asumsi klasik yang digunakan adalah uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Metode analisis data yang digunakan adalah Moderated Regression Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kesadaran tidak berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (2) Kualitas Pelayanan berpengaruh positif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (3) Penerapan Sistem e-Filing berpengaruh positif terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (4) Sosialisasi Perpajakan tidak berpengaruh terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (5) Sosialisasi Perpajakan mampu memoderasi Kesadaran terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (6) Sosialisasi Perpajakan tidak mampu memoderasi Kualitas Pelayanan terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (7) Sosialisasi Perpajakan mampu memoderasi penerapan Sistem e-Filing terhadap Kepatuhan Wajib Pajak.
Collections
- Akuntansi [4399]