LOYALITAS DAN INTEGRITAS DALAM PENGEMBANGAN BERKELANJUTAN: STUDI KASUS BUDAYA ORGANISASI DI KOPERASI “KOPMA UGM” YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di Koperasi “KOPMA UGM” yang
beralamatkan di Bulaksumur H-7 & H-8, Yogyakarta untuk mengetahui
bagaimana proses dan implementasi budaya organisasi di organisasi tersebut
dalam mendukung keberhasilannya. Penelitian ini menggunakan metode
penelitian kualitatif dengan bentuk penelitian study case karena hendak
memahami fenomena secara mendalam, bahkan mengeksplorasi dan
mengelaborasinya. Pengambilan data dilaksanakan dengan wawancara, observasi,
dan studi literatur organisasi. Wawancara dilaksanakan terhadap 7 orang
narasumber yang merupakan pengurus, pengawas, anggota, dan karyawan.
Analisis data menggunakan tabel reduksi dan coding, dan untuk memperkuat hasil
analisis disertakan dokumentasi seperti foto-foto lapangan dan transkrip
wawancara.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan organisasinya
Koperasi “KOPMA UGM” menerapkan nilai loyalitas dan integritas dalam
pengembangan berkelanjutannya. Loyalitas berarti tindakan memberi atau
menunjukkan dukungan dan kepatuhan yang teguh dan konstan kepada seseorang
atau institusi. Loyalitas tumbuh dari ikatan emosional yang melibatkan rasa
memiliki atas Koperasi “KOPMA UGM” sebagai milik bersama. Nilai loyalitas
tercermin dalam konsep diri koperasi yang berasas kekeluargaan, demokratis,
peduli, menghargai prestasi, dan tanggungjawab sosial. Loyalitas juga diterapkan
Koperasi “KOPMA UGM” dalam memberikan pelayanan prima kepada anggota
dan karyawannya; kesetiaan, rasa cinta dan patuh anggota dan karyawan terhadap
organisasi; serta loyalitas kerja karyawan kepada organisasi. Kemudian, integritas
berarti adanya kesesuaian antara perkataan dan perbuatan. Integritas tercermin
dari beberapa nilai budaya Koperasi “KOPMA UGM” yang menjunjung nilai
profesional, transparan, mandiri, disiplin, kejujuran, dan kritis. Loyalitas dan
integritas diterapkan terhadap seluruh anggota Koperasi “KOPMA UGM” yaitu
anggota, kepengurusan-staf, dan karyawan. Dengan loyalitas dan integritas
tersebut maka pengembangan berkelanjutan yang menjadi visi misi Koperasi
“KOPMA UGM” dapat terlaksana dengan baik. Di samping itu, Koperasi
“KOPMA UGM” mengalami perubahan nama dari KOPMA UGM menjadi
Koperasi “KOPMA UGM” yang berimplikasi pada berubahnya asumsi dasar,
nilai, dan artefak serta status koperasinya menjadi ganda sebagai koperasi dan
sebagai UKM di UGM.
Collections
- Akuntansi [4414]