ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN KEPUASAN KONSUMEN PADA PENYEDIA JASA LOUNDRY (Studi Kasus Pada My Loundry)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan dan
Kepuasan Konsumen pada Penyedia Jasa Loundry (Studi Kasus pada My Loundry) di
Yogyakarta. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh
konsumen yang pernah menggukan jasa My Loundry. Sedangkan metode pengambilan
sampel menggunakan metode Purposive Sampling, yaitu Teknik pengambilan sempel
yang dilakukan berdasarkan pertimbangan tertentu atau pertimbangan penelitian.
Metode analisis data meliputi Analisis Deskriptif, dan Analisis Gap (kesentajang),
Importance Performance Analysis (IPA), Analisis Servqual dengan Analisis Diagram
Kartesius.
Hasil penelitian ini diketahui bahwa harapan konsumen terhadap kualitas
pelayanan pada My Loundry yang ditinjau dari lima dimensi kualitas layanan yaitu
Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy adalah sangat tinggi
dengan rata-rata 4.53. Dengan menggunakan Inportance Performance Analysis (IPA)
yang ditinjau dari lima dimensi kualitas layanan kenyataan yang dirasakan konsumen
terhadap kualitas layanan pada My Loundry tersebut adalah belum puas dengan rata-
rata 3.76 dan kepuasan konsumen belum sesuai karena tingkat kesesuaian <100%
dengan nilai kesesuain yang didapatkan 83%. Hal ini berarti kualitas layanan yang
diberikan My Loundry tidak sesuai dengan harapan konsumen. Maka dari itu kualitas
layanan My Loundry harus ditingkatkan agar dapat memberikan rasa kepuasan kepada
konsumen.
Collections
- Akuntansi [4403]