PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, ASIMETRI INFORMASI, KOMPENSASI BONUS, LEVERAGE, DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP MANAJEMEN LABA (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh ukuran perusahaan,
asimetri informasi, kompensasi bonus, leverage, dan corporate social
responsibility terhadap manajemen laba. Penelitian ini menggunakan data
sekunder dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia
selama periode 2015-2018. Teknik pengambilan sampel adalah dengan metode
purposive sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 40 perusahaan. Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa kompensasi bonus berpengaruh negatif
terhadap manajemen laba, dan leverage berpengaruh positif terhadap manajemen
laba. Sedangkan ukuran perusahaan, asimetri informasi, dan corporate social
responsibility tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.
Collections
- Akuntansi [4426]