dc.description.abstract | TPA Al-Hidayah merupakan salah satu Lembaga Pendidikan non formal yang
memiliki Visi dan misi untuk membangun pribadi anak yang islami sesuai ajaran AlQur’an
dan Assunnah. Dengan banyak terjadinya perilaku negatif pada anak usia
remaja maka diperlukan pengetahuan akhlak sejak dini. Mengingat keterbatasan waktu
pembelajaran di Sekolah formal dan keterbatasan orang tua dalam mendidik anak maka
dengan adanya Taman Pembelajaran Al-Qur’an diharapkan dapat membentuk perilaku
anak yang baik, jujur, adil, dan bertanggung jawab. Berangkat dari permasalahan
tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses internalisasi
nilai-nilai religius dalam pembelajaran Al-Qur’an, faktor pendukung dan faktor
penghambat yang dihadapi selama proses internalisasi nilai-nilai religius dalam
pembelajaran Al-Qur’an dan dampak yang dirasakan dari adanya internalisasi nilai
religius dalam pembelajaran Al-Qur’an.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah
Ketua TPA, Pengajar dan Orang tua santri TPA Al-Hidayah. Objek Penelitian ini
berupa internalisasi nilai-nilai religius dalam pembelajaran Al-Qur’an . Teknik yang
digunakan dalam menentukan subjek penelitian menggunakan purposive sampling.
Lokasi TPA Al-Hidayah Dusun Besi, Sukoharjo, Sleman. Teknik pengambilan data
dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Internalisasi nilai-nilai religius
dalam pembelajaran Al-Qur’an pada TPA Al-Hidayah dilakukan dengan pembiasaan,
keteladanan, nasehat, hukuman. Kedua, faktor pendukung dan penghambat dalam
internalisasi nilai-nilai religius. Faktor pendukung dalam internalisasi nilai-nilai
religius terdiri dari dukungan orang tua, motivasi santri, lingkungan masyarakat.
Sedangkan faktor penghambat adalah kurangnya waktu belajar, kurangnya tenaga
pengajar yang kompeten, dan tidak ada kurikulum pembelajaran yang baku. | en_US |