Show simple item record

dc.contributor.authorSHINTA AYU CAHYANINGRUM
dc.date.accessioned2023-05-12T04:08:05Z
dc.date.available2023-05-12T04:08:05Z
dc.date.issued2023-03
dc.identifier.urihttps://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/44360
dc.description.abstractPembelajaran Al-Qur’an metode Ummi di MI Husnayain Sleman merupakan sesuatu yang menarik karena tidak semua sekolah menerapkan metode ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan tentang penerapan pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi pada peserta didik di MI Husnayain Sleman dan menganalisis hasil penerapan pembelajaran Al-Qur’an Metode Ummi pada peserta didik di MI Husnayain Sleman. Dalam hal penerapan sudah berjalan dengan baik, kualitas bacaan peserta didik sudah sesuai dengan hukum-hukum tajwid yang berlaku, dan pelaksanaan pembelajarannya sudah sesuai arahan dari Ummi Foundation. Permasalahan yang muncul adalah, saat ini terjadi kekurangan kelas untuk kegiatan pembelajaran karena sedang ada pembangunan gedung kelas baru sehingga ada perombakan tempat seperti perpustakaan, kantor, dapur, dan sebagainya. Sehingga ada beberapa kelompok yang belajarnya di masjid sekolah. Hal itu menjadikan kurang kondusif. Dari kualitas guru sudah baik karena ada 9 pengajar dan hanya 2 yang belum sertifikasi. Jenis penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber informan berjumlah 4 orang yaitu, 1 koordinator guru Al-Qur’an, kepala madrasah, dan 2 peserta didik kelas IV. Penentuan informasi menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data dan vefikasi. Serta keabsahan data dalam penelitian menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa 1) Penerapan pembelajaran AlQur’an metode Ummi di MI Husnayain sudah berjalan dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran sudah diterapkan sesuai dengan standar sistem Ummi Foundation. 2) Hasil penerapan metode Ummi di MI Husnayain berjalan secara baik sesuai dengan arahan dan pedoman Ummi Foundation. Adapun faktor pendukung pembelajaran metode ummi, diantaranya sekolah sudah terdaftar MoU di ummi daerah, yayasan dan kepala sekolah sudah mendukung penuh pembelajaran AlQur’an metode Ummi, fasilitas / media pembelajaran yang lengkap, guru bersertifikasi, dan dukungan orang tua. Sedangkan faktor penghambat, diantaranya: kurangnya tempat untuk mengajar Ummi, kondisi peserta didik, dan kondisi guru.en_US
dc.publisherUNIVERSITAS ISLAM INDONESIAen_US
dc.titlePenerapan Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Pada Peserta Didik Mi Husnayain Sleman Yogyakartaen_US
dc.Identifier.NIM19422053


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record