DETERMINAN PRESTASI BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN ENTERPRISE RESOURCE PLANING (ERP): Study Empiris pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia
Abstract
Skripsi ini menyajikan sebuah penelitian tentang hasil pembelajaran pada mata kuliah Lab. ERP-SAP pada mahasiswa jurusan Akuntansi Universitas Islam Indonesia. Dalam penelitian ini terdapat beberapa variabel yang mempengaruhi hasil prestasi belajar mahasiswa yaitu penerimaan mahasiswa terhadap teknologi ERP-SAP, pengetahuan proses bisnis, dan kemampuan mengolah transaksi ERP- SAP, motivasi belajar, dan pembelajaran berbasis kasus. Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari kelima variabel tersebut terhadap hasil prestasi belajar Lab. ERP- SAP. Penelitian ini sendiri melibatkan mahasiswa aktif yang telah mengambil dan lulus mata kuliah Lab. ERP pada jurusan akuntansi Universitas Islam Indonesia. Sebanyak 105 sampel kuesioner yang disebar kepada mahasiswa akuntansi dengan 101 kuesioner yang dapat digunakan untuk melakukan analisis lebih lanjut. Kuesioner penelitian ini diadopsi dari Cronan dan Douglas (2012), sedangkan analisisnya menggunakan metode regresi berganda dengan menggunakan software SPSS versi 22. Terdapat 1 variabel dependen dan 5 variabel independen dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa kelima variabel independen yang diuji dapat diterima.
Collections
- Akuntansi [4403]