PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN DENGAN MANAJEMEN LABA DAN LEVERAGE KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL MODERASI
Abstract
Corporate social responsibility (CSR) merupakan bentuk pertanggungjawaban perusahaan terhadap dampak yang ditimbulkan dari akitvitas operasinya yang berfokus pada triple bottom line (profit, people, planet). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan corporate social responsibiliy (CSR) terhadap kinerja keuangan, pengaruh pengungkapan CSR terhadap kinerja keuangan dengan manajemen laba sebagai variabel moderasi dan pengaruh pengungkapan CSR terhadap kinerja keuangan dengan leverage keuangan sebagai variabel moderasi. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2013-2017. Teknik pengambilan sampel adalah metode purposive sampling yang menghasilkan sampel sebanyak 58 perusahaan. Data dikumpulkan dengan menggunakan data sekunder dari perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metode analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility (CSR) berpengaruh postif terhadap kinerja keuangan, sedangkan manajemen laba dan leverage keuangan tidak dapat memoderasi hubungan antara pengungkapan CSR dengan kinerja keuangan.
Collections
- Akuntansi [4444]