PENGARUH PERSEPSI KEPERCAYAAN, KEAMANAN , KEMUDAHAN, KENYAMANAN, DAN RISIKO TERHADAP MINAT MENGGUNAKAN GO-PAY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris mengenai pengaruh kepercayaan dan keamanan terhadap penggunaan sistem pembayaran Go-Pay dengan persepsi kemudahan, persepsi kenyamanan dan persepsi resiko sebagai variabel intervening. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di 5 perguruan tinggi Yogyakarta yaitu Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Sanata Dharma, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Yogyakarta dan Universitas Islam Indonesia. Metode pengambilan sampel penelitian sejumlah 200 mahasiswa menggunakan quota sampling. Pengolahan data dengan Smart PLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan persepsi kepercayaan berpengaruh positif terhadap persepsi kemudahan dan kenyamanan diterima. Kemudian pada persepsi kepercayaan berpengaruh negatif terhadap resiko hasil penelitiannya menunjukkan signifikan dan ditolak. Untuk persepsi keamanan berpengaruh negatif terhadap kemudahan hasil penelitiannya menunjukkan signifikan dan diterima. Selanjutnya pada pengujian persepsi keamanan berpengaruh positif terhadap persepsi kenyaman dan resiko hasilnya diterima. Kemudian pada persepsi kemudahan dan kenyamanan yang berpengaruh positif terhadap minat menggunakan Go-Pay hasil penelitiannya diterima. Dan yang terakhir pada pengujian persepsi resiko yang berpengaruh negatif terhadap minat menggunakan Go-Pay hasilnya ditolak. Hasil Uji Intervening menunjukkan bahwa pada persepsi kemudahan dan kenyamanan dapat berpengatuh positif dan menunjukkan hasil part mediation , sedangkan untuk persepsi resiko tidak memiliki peran sebagai efek mediasi ( no mediation) . Penelitian ini penting bagi akademisi untuk memahami lebih lanjut tentang tanggapan masyarakat terhadap perkembangan dan kenyamanan menggunakan go-pay.
Collections
- Akuntansi [4414]