ANALISIS MINAT MASYARAKAT MENGGUNAKAN TEKNOLOGI MOBILE BANKING PADA BANK SYARIAH DI INDONESIA
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat masyarakat dalam menggunakan teknologi mobile banking pada bank syariah. Model pada penelitian ini menggunakan Teori Penerimaan dan Penggunaan Teknologi Terpadu (UTAUT). Jenis data pada penelitian ini menggunakan data kuantitatif yang didapatkan dengan melakukan pengumpulan data melalui kuisioner dalam bentuk google form yang disebarkan melalui whatssapp dan instgram dalam jangka waktu 30 hari pada bulan november. Target responden adalah para nasabah bank syariah yang menggunakan mobile banking di seluruh Indonesia. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan pendekatan SEM (Pemodelan Persamaan Struktural)-PLS (Kuadrat Terkecil Parsial) yang diolah melalui software SmartPLS 3. Dari hasil pengujian pada penelitian ini didapatkan bahwa variabel Harapan Kinerja, Harapan Usaha, dan Kondisi yang Memfasilitasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Niat Menggunakan masyarakat dalam menggunakan teknologi mobile banking sehingga hipotesis diterima, namun variabel Pengaruh Sosialberpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap Niat Menggunakan masyarakat dalam menggunakan teknologi mobile banking sehingga hipotesis ditolak.
Collections
- Economics [2142]