STUDI KELAYAKAN BISNIS PRODUK EKONOMI KREATIF (STUDI KASUS UMKM ELITA KERUDUNG)
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui kelayakan rencana pengembangan
bisnis studi kelayakan bisnis dari produk ekonomi kreatif UMKM Elita Kerudung
berdasarkan Aspek Keuangan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini diambil
dari wawancara, studi pustaka, dan data historis laporan keuangan perusahaan.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian studi kelayakan bisnis ini adalah
Aspek keuangan menganalisis kebutuhan investasi awal, proyeksi laporan keuangan,
dan analisis kelayakan investasi menggunakan PP, NPV,PI, IRR, dan ARR. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa rencana pengembangan usaha produk ekonomi
kreatif UMKM Elita Kerudung dinyatakan layak untuk dijalankan ditinjau dari aspek
keuangan. Teknik analisis data melalui pendekatan kualitatif dan perolehan data
dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua pendekatan, yaitu studi
lapangan (field research) dan studi pustaka (library research). Berdasarkan hasil
penelitian dari analisis aspek finansial melalui metode penilaian investasi dikatakan
layak untuk dijalankan berdasarkan hasil perhitungan PP (Payback Period) 2 bulan
19 hari, lebih singkat dari maksimum payback period-nya yaitu empat tahun. Nilai
NPV (Net Present Value) = Rp 1.748.032.998 > 0 (NPV>0). Hasil hitungan PI
(Profitability Index) > 1, yaitu 5,64, Nilai ARR (Average of Return) sebesar 8841%
dan nilai IRR (Internal Rate of Return) nya 1464% > nilai bunga yang berlaku yakni
10%.
Collections
- Akuntansi [4509]