PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERKEMBANGAN KINERJA UMKM SEKTOR MAKANAN DAN MINUMAN DI KOTA YOGYAKARTA
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk dapat menganalisis adanya pengaruh sikap, norma subyektif, perilaku kontrol terencana, tekanan koersif, tekanan normatif, dan tekanan mimetik terhadap adopsi penggunaan media sosial dan kinerja UMKM. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh UMKM dibidang makanan dan minuman yang berada di Kota Yogyakarta. Jumlah sampel yang digunakan peneliti dengan menggunakan metode random sampling yaitu sebanyak 116 responden. Penelitian ini menggunakan analisis PLS dengan
memanfaatkan aplikasi software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan normatif dan tekanan mimetik berpengaruh positif signifikan terhadap adopsi penggunaan media sosial. Sedangkan untuk sikap, norma subyektif,perilaku kontrol terencana, dan tekanan koersif berpengaruh positif tidak signifikan terhadap adopsi penggunaan media sosial. Kemudian adopsi penggunaan media sosial berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja UMKM. Beberapa media sosial yang sedang banyak digunakan dari segala golongan dan dapat dimanfaatkan untuk mempermudah UMKM yaitu WhatsApp, Instagram, dan Line.
Collections
- Akuntansi [4426]