ANALISIS PENGARUH PENGGUNAAN E-COMMERCE TERHADAP PENJUALAN UMKM
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh
penggunaan e-commerce terhadap penjualan UMKM sebelum dan sesudah
menggunakan layanan e-commerce. Penelitian ini menggunakan data primer. Data
primer adalah data yang didapatkan secara langsung dari narasumber yang
bersangkutan dengan cara menyebarkan kuisioner secara langsung kepada pihak
yang bersangkutan. Narasumber yang diambil dengan metode poblability sampling.
Probability sampling adalah metode pengambilan sampel dimana peneliti
mengetahui populasi induk, besarnya sampel yang diinginkan telah ditentukan,
peneliti bersikap bahwa kelompok memiliki unsur peluang untuk dijadikan sampel.
Adapun jenis dari teknik probability sampling yang akan digunakan adalah random
sampling. Penelitian ini menggunakan data kualitatif . Penelitian kualitatif adalah
penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau menganalisis suatu peristiwa
aktifitas sosail secara individu maupun kelompok dan diolah menggunakan SPSS
23. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh e-commrce
terhadap peningkatan pendapatan, jumlah pelanggan dan keuntungan yang
diperoleh UMKM setelah menggunakan layanan e-commerce dibandingkan dengan
sebelum meenggunakan layanan e-commerce.
Collections
- Economics [2152]