FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NIAT UNTUK MENGGUNAKAN APLIKASI PENCATATAN KEUANGAN PRIBADI
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang
mempengaruhi niat untuk menggunakan aplikasi pencatatan keuangan pribadi
dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM) dan Diffusion of
Innovation (DOI). Pada penelitian ini menggunakan variabel perceived usefulness,
perceived ease of use, dan intention to use dari Technology Acceptance Model
(TAM); relative advantage, complexity, compatibility, observability, dan
trialability dari Diffusion of Innovation (DOI). Metode sampel yang digunakan
dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan convenience sampling,
dengan kriteria generasi Milenial dan generasi Z yang berusia 8 tahun hingga 39
tahun. Berdasarkan kriteria tersebut didapatkan responden sebanyak 201 dengan
metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa variabel relative advantage, compatibility,
observability, trialability berpengaruh signifikan terhadap perceived usefulness.
Namun complexity tidak memiliki pengaruh terhadap perceived usefulness. Selain
itu, complexity, compatibility, dan trialability berpengaruh signifikan terhadap
perceived ease of use. Sedangkan, relative advantage dan observability tidak
memiliki pengaruh terhadap perceived ease of use. Serta perceived usefulness dan
perceived ease of use berpengaruh signifikan terhadap intention to use.
Collections
- Akuntansi [4426]