TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DAN FAKTOR- FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU KONSUMTIF DI KALANGAN MAHASISWA (Studi Empiris pada Mahasiswa Universitas Islam Indonesia)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji TAM dan faktor-faktor yang mempengaruhi
perilaku konsumtif. Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumtif
dibagi menjadi tujuh, yaitu pemanfaatan teknologi informasi, pemenuhan
keinginan, daya beli, penggunaan produk, status sosial, gaya hidup, dan literasi
ekonomi. Ada pula faktor yang mendukung terjadinya pemanfaatan teknologi
informasi, yaitu persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan. Sampel
penelitian diambil dengan convenience sampling, dan diperoleh 396 mahasiswa
aktif Universitas Islam Indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, pemanfaatan teknologi
informasi, pemenuhan keinginan, daya beli, penggunaan produk, status soial, dan
gaya hidup berpengaruh positif signifikan. Sedangkan literasi ekonomi
berpengaruh negatif signifikan.
Collections
- Akuntansi [4426]