ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI MINAT PENGGUNAAN FITUR PAY LATER PADA APLIKASI TRAVELOKA
Abstract
Pay Later adalah sebuah fitur pinjaman kredit online pada aplikasi
Traveloka yang memungkinkan pengguna membayar berbagai produk di
Traveloka dengan mencicil. Pay Later masuk ke dalam online credit card yang
masuk ke dalam kategori e-payment. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh ekspektasi usaha, ekspektasi kinerja, pengaruh sosial,
kondisi pendukung, motivasi hedonis, nilai harga, dan persepsi keamanan
teknologi terhadap minat penggunaan fitur Pay Later pada aplikasi Traveloka
yang didasari oleh teori Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2
(UTAUT2). Responden dalam penelitian ini adalah 128 mahasiswa universitas
di provinsi Yogyakarta. Data primer yang digunakan didapatkan dengan
menyebarkan kuisioner online. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
ekspektasi usaha, pengaruh sosial, motivasi hedonis, nilai harga, dan persepsi
keamanan teknologi berpengaruh positif terhadap minat penggunaan fitur Pay
Later pada aplikasi Traveloka, sedangkan ekspektasi usaha dan fasilitas
pendukung tidak berpengaruh positif terhadap minat penggunaan fitur Pay Later
pada aplikasi Traveloka.
Collections
- Akuntansi [4519]